Untuk Menghemat Listrik Secara Optimal, Gunakan Suhu di AC Low Watt pada Suhu 25 Derajat

Di manapun baik di kantor, gedung-gedung bertingkat, mall, hotel, bahkan perumahan di kota-kota besar menggunakan ac untuk membuat ruangannya menjadi sejuk dan dingin. Meski demikian, perlu dipahami bahwa penyejuk ruangan ini menggunakan listrik untuk melakukan kerjanya. Dan tidak sedikit pula para penggunanya mengeluhkan biaya listrik yang naik ketika menggunakan perangkat elektronik yang satu ini. Diperlukan cara untuk menghemat listrik yang efektif dalam penggunaan ac sehingga tagihan listrik tidak naik setiap bulannya.

Salah satu cara untuk melakukan penghematan listrik di dalam penggunaan ac adalah dengan memperhatikan petunjuk penggunaannya. Pertama yang harus anda lakukan adalah memilih ac dengan fitur hemat listrik seperti misalnya daya yang dibutuhkan adalah 260 watt saja. Saat anda menyalakan ac, lebih baik anda menggunakan timer supaya bisa secara otomatis mati ketika suhu udara sudah terasa lebih dingin.

Pada produk ac low watt juga memiliki fasilitas pengatur kecepatan blower. Blower merupakan kipas yang memutar angin di evaporator. Anda bisa gunakan mode low speed. Mode ini digunakan karena sudah cukup untuk mendinginkan ruangan. Tidak perlu anda menggunakan powerfull atau high speed ketika mengoperasikan blowernya.

Ketika anda sedang menyalakan ac, sebaiknya ruangan tempat anda menyalakan ac ditutup semua pintu dan jendela. Selain itu setiap ventilasi udara juga harus ditutup. Hal ini pastinya akan dapat menghemat listrik yang efektif. Mengapa demikian? Saat ada celah terbuka pada ruangan anda ketika ac menyala, maka ac akan bekerja ekstra keras. Dimana adanya sirkulasi udara ini membuat ac akan terus bekerja untuk mencapai suhu di ruangan itu. Kondisi yang demikian ini tentu akan membutuhkan konsumsi listrik yang tidak sedikit.

Selain itu, dengan membiarkan kondisi yang demikian bukan tidak mungkin dalam waktu yang tak lama unit ac yang telah anda pasang akan rusak. Dan yang terjadi akan banyak biaya lagi yang harus anda keluarkan. Selain mereparasinya atau bahkan membeli produk ac low watt baru. Untuk menghindari hal-hal demikian, pastikan untuk lebih bijak dalam menggunakan ac.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *